Rabu, 14 Agustus 2013



Kota Bandeng merupakan sebutan untuk Kota Gresik, kota ini terletak di pinggiran pantai utara di Jawa Timur. Gresik juga biasa disebut dengan kota santri dan kota wali. Gresik berasal dari kata “Giri” dan “Gisik” yang berarti tanah di tepi laut (pesisir), kemudian menjadi ”Giri-sik” dan akhirnya berubah menjadi “Gresik”. Wilayah pantai Gresik terkenal dengan pelabuhan dan perdagangan sejak zaman dahulu. Daerah pesisir kabupaten juga merupakan wilayah pertambakkan yang menghasilkan ikan bandeng yang dijual mulai dari bibit sampai yang sudah dimasak menjadi produk makanan khas dari Kabupaten Gresik, misalnya othak-othak bandeng dan jenang pudhak.

Kegiatan membatik di Gresik telah ada sebelum era industri di Gresik, yang ditandai kehadiran pabrik semen dan pabrik pupuk. Namun, kegiatan membatik lama-kelamaan tergerus arus industri yang berkembang pesat. Dampaknya, masyarakat lebih senang menjadi pekerja pabrik dengan penghasilan pasti ketimbang menekuni batik yang belum tentu hasilnya.

Batik Gresik memiliki beberapa motif, salah satu motif yang terkenal adalah batik motif Loh Bandeng. Motif-motif Batik Gresik memiliki nilai filosofi yang mencerminkan ciri khas Gresik. Misalnya, motif Loh Bandeng atau ikan bandeng yang merupakan ikan khas Gresik. Karena di Gresik kebanyakan masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani tambak ikan bandeng.

0 komentar:

Posting Komentar