Kamis, 22 Agustus 2013





Batik merupakan produk budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan dan telah menjadi kebanggan bangsa Indonesia karena telah menjadi salah satu kekhasan dari negara Indonesia.

Sudah tidak dipungkiri, batik Indonesia terkenal di seluruh dunia karena memiliki pola rumit yang indah, desain halus, dan warna yang khas. Dan ini  sudah diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO tahun 2009.
Itulah pidato  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya ketika menghadiri pembukaan Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convention Center.

Kepala negara berharap Indonesia dapat menjadi pusat keunggulan dan pusat budaya batik di seluruh dunia.
“Apa yang kita lakukan bersama ini untuk memajukan batik Indonesia bisa terwujud, sehingga Indonesia menjadi pusat keunggulan dan pusat budaya batik di seluruh dunia,” katanya.
Presiden SBY menambahkan pada tahun-tahun terakhir, batik Indonesia telah berkembang pesat, baik dari sisi kualitas, corak, warna maupun keindahannya.
Menurut orang nomor satu di Indonesia itu, dalam setiap kunjungannya ke berbagai daerah di Indonesia, Presiden dan ibu negara kerap menyempatkan untuk membeli batik dari berbagai daerah di tanah air.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden SBY dan Ibu negara juga mendapatkan penghargaan Kriya Pusaka dari Yayasan Batik Indonesia karena selama ini baik presiden maupun ibu negara telah menunjukan kepedulian terhadap batik, terbukti dengan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
Gelar Batik Nusantara berlangsung pada tanggal 17-21 Juli 2013 di JCC dan akan menjadi ajang promosi bagi produsen batik, praktisi, pengrajin dan industri melalui pameran berskala internasional.
Berbagai kegiatan menarik digelar dalam acara ini, mulai dari pameran batik, apresiasi penghargaan kepada para pembatik, pagelaran musik, peragaan busana, demo dan lokakarya batik, dan berbagai acara lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar